News Update :

Kamis, 15 Desember 2011

Penyakit Utama Tanaman Nenas/nanas


Penyakit Utama Tanaman Nenas/nanas
Layu buah atau penyakit getah (Erwinia chrysanthemi). Penyakit di atas menyerang kultivar Singapura-Spanish dan Masmerah di Malaysia. Penyakit tumbuh menyerang buah nenas/nanas beberapa minggu sebelum matang yang menyebabkan buah mengeluarkan banyak cairan dan gas, sehingga penyakit ini belum dapat dikendalikan secara langsung. Pengendalian secara tidak langsung dilakukan dengan mengendalikan semut yang menyebarkan bakteri di atas. Berbagai pestisida seperti jenis heptaklor dapat mengendalikan semut tersebut. Nenas/nanas Smooth Cayenne tahan terhadap penyakit ini.
Busuk Hati (bacterial heart rot). Penyakit ini juga disebabkan oleh bakteri Erwinia chrysanthemi. Penyakit ini menyerang pangkal daun muda pada tanaman yang berumur 3-6 bulan dan menyebabkan pembusukan pada bagian tengah tajuk. Nenas/nanas Smooth Cayenne dan Queen resisten terhadap penyakit ini.
Busuk Tengah. Penyakit ini gejalanya mirip dengan busuk hati, tetapi penyebabnya adalah jamur Phytophthora cinnamomi atau P. parasitica. Penyakit ini banyak menyerang tanaman nenas/nanas di Thailand dan Philipina.
Penyakit Marmer (Marbling diseases). Penyebabnya adalah bakteri Erwinia ananas. Penyakit ini banyak menyerang tanaman nenas/nanas di Thailand.
Kutu Bubuk (Dysmicoccus brevipes). Kutu ini menyebabkan akar tanaman berhenti tumbuh dan membusuk dan tanaman menjadi layu. Serangan penyakit ini ditandai dengan ujung daun yang menjadi kuning kemerahan. Nenas/nanas Smooth Cayenne tidak tahan terhadap kutu ini. Pestisida diazinon dan malathion dapat membantu mengurangi serangan kutu ini. (Selamat, 1996)
Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Desa Pesantren 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.